Pilihan Terapi Acne Skar


Acne Scar atau skar/jaringan parut akibat jerawat merupakan masalah yang sering dikeluhkan pasien saat datang konsultasi. Terkadang pasien datang masih dalam fase jerawat aktif, dan kadang pasien datang sudah dalam fase bekas jerawat. Dalam fase jerawat aktif, dimana masih ada jerawat (baik yang meradang maupun hanya komedo), bukan merupakan waktu yang tepat untuk mengobati skar. Sebaiknya pengobatan ditujukan untuk mengatasi dan stabilisasi jerawat dahulu. Setelah jerawat teratasi, pasien masuk ke dalam fase bekas jerawat. Di fase ini, sudah tidak ada jerawat lagi, hanya bekas jerawat saja. 
Bekas jerawat dapat meliputi bekas warna kemerahan, bekas warna kehitaman, dan skar.
Untuk bekas warna kemerahan terapi terbaiknya adalah laser V-beam, dan untuk bekas warna kehitaman terapi terbaiknya adalah kombinasi krim dengan Chemical Peeling (Office Peeling, BHA, Light Peeling), terkadang Laser Pigmen. 
Di artikel ini akan kita bahas yang untuk skar saja ya..

http-/www.ringpfeildermatology.com/images/internal/scar-types


Sebelum memilih jenis terapi, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan :
1.     Kegiatan dan aktivitas sehari-hari. Yang harus diperhatikan : kegiatan sehari-hari banyak terkena panas matahari berlebih , sering diluar ruangan, sering traveling ke tempat yang cuacanya berbeda, harus wajib full make-up setiap hari, harus bertemu klien setiap hari, sering olahraga yang diluar ruangan (basket, diving, dll). Kegiatan-kegiatan ini dapat berpengaruh pada risiko efek samping yang mungkin timbul. Selain itu juga apakah waktu penyembuhan dan kondisi kulit paska tindakan akan mengganggu kegiatan sehari-hari.
2.     Budget vs hasil yang diharapkan. Semua pasien pastinya menginginkan hasil yang seoptimal mungkin dengan biaya se-ekonomis mungkin. Namun tentunya jangan memaksakan untuk melakukan tindakan dengan biaya yang diluar kemampuan hanya demi hasil.  

Laser Fraxel
Disadur dari - http-//www.skincentral.com
Berikut adalah berbagai pilihan terapi untuk Acne Scar :

Pilihan 1. Chemical Peeling
Pilihan yang paling simple dan sederhana adalah Chemical Peeling. Untuk khusus masalah acne scar, Chemical Peeling yang sering digunakan antara lain adalah TCA. Peeling dilakukan 4 hingga 8 minggu sekali bergantung kekuatan dan konsentrasi cairan peeling yang digunakan, dan dilakukan sebanyak 4 kali. 
Setelah Peeling akan terjadi pengelupasan kulit selama sekitar 1 minggu. Kemudian akan tumbuh lapisan kulit baru dengan kolagen baru, sehingga diharapkan perlahan-lahan skar akan naik dan memudar.
Hasil perbaikan skar dengan Peeling tidak sebaik terapi lain yang akan kita bahas disini, namun cukup memberikan perbaikan. Perbaikan yang diharapkan dengan 4x Peeling berkisar 20-30%.

Pilihan 2. DermaRoller atau DermaPen atau CRT 
Pilihan berikutnya adalah dengan DermaRoller (Collagen Induction Therapy) atau DermaPen atau Collagen Rejuvenating Therapy. Terapi ini bukan laser, melainkan menggunakan jarum-jarum kecil yang khusus ditujukan untuk skar. Tindakan dilakukan 1-2-4 minggu sekali sebanyak 5 kali. 
Tiap kali pengerjaan, kulit diarea skar yang dikerjakan akan tampak merah, umumnya berlangsung sekitar 3-5 hari. Diharapkan terjadi proses pembentukan kolagen baru yang akan memudarkan skar yang ada. 
Perbaikan yang diharapkan lebih baik dari hasil dengan Peeling, walaupun masih tidak sebaik hasil dengan Laser. Hasil perbaikan skar yang diharapkan berkisar 30-50%.
Gambar disadur dari www.microneedlingshop.com - Salah satu contoh alat dermapen atau CRT. 


Pilihan 3. Laser Fraxel dan Smartxide
Handpiece Laser Smartxide
Pilihan selanjutnya adalah Laser. Ada 2 Laser yang sering saya gunakan untuk terapi Acne Scar, yaitu Fraxel dan Smartxide. Bahasan lanjut mengenai kedua laser ini silakan dibaca di sini ya..



Tindakan dilakukan sekitar 4 – 6 kali dengan jarak 1 bulan sekali. Tiap kali setelah tindakan, kulit wajah akan tampak merah, berkisar 1 minggu. Energi laser yang masuk ke dalam kulit akan merangsang pembentukan kolagen baru yang akan memperbaiki skar yang ada. 
Hasil perbaikan terapi dengan Laser adalah yang paling baik dibandingkan terapi lain. Perbaikan yang diharapkan adalah berkisar 50-70%.

Nah, mudah-mudahan artikel ini bisa membantu teman-teman dalam memilih terapi yang tepat untuk acne scar ya..
Salam kulit sehat..

Komentar

  1. Anonim10.26

    Dokter Dian, Selamat pagi, untuk pilihan Fraxel maupun Smartxide apakah cukup aman untuk kulit yang gampang memerah ? atau nanti setting powernya bisa disesuaikan sesuai dengan jenis kulit kita ya dok ...

    oiya untuk smartxide/fraxel , apakah hanya ditembakkan ke local spot saja dok ? atau ke 1 area nya ? misal yg ada di scar di tengah pipi, apakah bagian scar nya ? atau 1 pipi ? Soalnya kalo spot gitu, takut beda warna nanti ketika penyembuhan....

    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Eddy,
      Ya betul.. setting parameter lasernya akan disesuaikan dengan jenis kulit tiap pasien.
      Untuk fraxel dikerjakan 1 cosmetic unit, misal seluruh pipi untuk skar di pipi.
      Sedangkan untuk smartxide, dapat dilakukan untuk spot area maupun 1 cosmetic unit, bergantung kebutuhan dan kondisi kulit pasien.
      Mudah-mudahan jelas ya..
      Salam..

      Hapus
  2. Pagi dok.. saya mau tanya, setelah melakukan fraxel itu kita dberi krim khusus y dok? Krimnya untuk brp hari? Lalu stelah fraxel, kita dperbolehkan menggunakan make up (misal BB cream) setelah brp hari? Teriima kasih..
    Theresia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Theresia,
      iya betul, akan ada perawatan pasca tindakan. Krim digunakan tergantung analisa dokter, umumnya 3-7 hari. Bergantung dari parameter yang digunakan, umumnya untuk make up sebaiknya ditunda 1 minggu, lebih baik lagi bila ditunda 1 minggu.
      salam..

      Hapus
  3. Malam dok,

    Saya mau bertanya, treatment apa yang saya butuhkan untuk menghilangkan bekas luka diwajah saya "bekas luka gores yg berbentuk cekung tidak dalam" bekas luka ini sudah bertahun-tahun.

    berapa lama dan berapa kali treatmentnya dilakukan untuk mendapatkan hasil akhir, dan berapa biaya yang saya butuhkan untuk treatment tersebut?

    Ini gambar bekas luka diwajah saya
    [IMG]http://i39.tinypic.com/2e4ccpg.jpg[/IMG]

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Alin,
      untuk jenis bekas luka gores yang sudah menahun, umumnya tidak dapat hilang sempurna. Dengan terapi (umumnya laser), didapatkan perbaikan namun tetap tidak akan hilang sempurna.
      Silakan alin baca artikel di atas, pilihan 3, dan juga artikel tentang smartxide dan fraxel ya..
      Jumlah terapi dan intervalnya sudah dijelaskan di artikel..
      Untuk biaya, dapat langsung menghubungi erha clinic kemanggisan ya..
      Salam..

      Hapus
  4. Dok. Mau tanya laser dan dermapen bagusan mana ya. Untuk scar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Burhan,
      Untuk laser dan dermapen, perbaikan lebih signifikan dengan laser. Laser dapat menghasilkan perbaikan 50-70%, sedangkan dermapen berkisar 30-50%.
      Namun tentunya faktor-faktor lain perlu dipertimbangkan.
      Downtime pasca laser lebih lama dibandingkan dengan dermapen, dan umumnya untuk pria, agak sulit untuk tambah merah lama karena aktivitas harian yang lebih sibuk dan terkadang di luar ruangan.
      Mudah-mudahan membantu ya...
      Salam..

      Hapus
  5. hai dok, salam kenal nama saya dika,.saya berobat di erha BSD dok, saya dikasih krim :
    ANC3, AMG3, AMG2, AST,..sabun muka nya ACSBP
    pertanyaan saya kenapa saya kalou setelah pake krim malam tersebut siangnya merah buanget seperi keranang rebus dan mengelupsnya banyak sekali padahal smuanya sudah saya pakai dengan sangat tipis-tipis sekali,. terimakasih ya dok atas penjelasan nya,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Nandika,
      untuk keluhan kulit merah mengelupas, segera telpon ke klinik ybs ya.. umumnya akan segera diberikan saran untuk mengatasinya. Bila dibutuhkan segera konsultasi ke dokter yang meresepkan, yang memang melihat kondisi kulit nandika sejak awal ya..
      Salam..

      Hapus
    2. Terimakasih banyak dok atas penjelsan nya, oiya dok, seminggu lalu saya facial tapi setelah facial malah emninggalgan bekas, ini sudah satu minggu belum hilang juga beksna jadi coklat,. berapa lama ya dok hilang bekas nya itu? lalu saya diksih krim paginya kerim erha 4 sedangkan malamnya ccmh10,. fungsi kedua krim itu apa ya dok? terimakasih banyak ya dok waktu dan penjelasan nya.

      Hapus
    3. Dear Nandika,
      umumnya bekas coklat akan menghilang bbrp minggu hingga 1 bulan, pd beberapa yang kulitnya sensitif, mungkin membutuhkan waktu lebih panjang.
      Krim erha4 dan CCMH10 berfungsi untuk rejuvenation dan juga akan membantu menghilangkan bekas coklat.
      Mudah-mudahan membantu ya..
      Salam..

      Hapus
  6. Klo muka aku ada bekas jerawat kayak bolong bolong gitu baiknya menggunakan terapi laser apa?mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Revand,
      untuk pilihan laser, antara Fraxel atau Smartxide ya..
      Keterangan lebih lanjut tentang tiap laser tersebut dapat dibaca di link yang ada di artikel diatas ya..
      Salam..

      Hapus
  7. Selamat malam dok
    Mau tanya dok, saya punya pori-pori besar di bagian pipi dan beberapa luka bekas cacar tpi tidak dalam, apa bisa melakukan Chemical Peeling, sedangkan saya berkulit gelap, apa tidak menimbulkan efek yg kontras setelah Chemical Peeling antara muka dan leher saya dok? Apa cukup dengan 1X perawatan Chemical Peeling?
    Tindakan/ perawatan apa dok untuk mengurangi kantung mata? Karna saya memiliki kantung mata dok
    Terima kasih dok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Riyan,
      Chemical Peeling dapat membantu, namun tentunya butuh persiapan dengan krim yang optimal, dan pemilihan program peeling yang tepat oleh dermatologis.
      Untuk kantung mata, krim mata dapat membantu mengurangi, namun tidak menghilangkan.
      salam..

      Hapus
  8. Dok saya mau tanya , collagen rejuvenation therapy itu bisa ilangin scar ya ? Soalnya saya disarankan untuk therapy itu , terus alatnya ap ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Very,
      CRT bukan merupakan laser, melainkan alat automated needle yang bisa digunakan untuk mengurangi skar.
      Gambarnya dan sedikit keterangannya sudah saya tambahkan di artikel di atas ya..
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  9. Selamat Pagi Bu dr. Dian,

    Sekarang banyak yang menjual Dermaroller dan saya melihat beberapa video banyak yang melakukan sendiri di rumah. Apakah hal ini memang baik dilakukan atau apakah harus pergi ke dermatologist? Karena kalau dari harganya saya lihat jauh lebih ekonomis dibandingkan laser.

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Rahayu,
      Iya betul, saat ini banyak Dermaroller yang dijual bebas dan dilakukan sendiri di rumah. Hal ini tidak saya sarankan. Dari sisi keamanan, sulit untuk menjaga sterilitas alat, bahan dan kulit pada lingkungan rumah. Dari sisi efektivitas, terdapat perbedaan jumlah jarum dan panjang jarum untuk pemakaian rumah dengan pemakaian di klinik oleh dokter. Tidak seperti dermaroller yang dijual bebas, dermaroller medis memiliki jarum yang padat dan panjang sehingga mampu mencapai kedalaman yang dibutuhkan untuk merangsang kolagenisasi baru.
      Untuk tindakan mandiri di rumah, sebaiknya memilih alat yang tidak invasif (tanpa jarum) supaya lebih aman dan minim risiko efek samping.
      Salam kulit sehat..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pityriasis Alba, si putih yang mirip panu..

Keratosis Pilaris alias kulit ayam

Menghilangkan bercak merah bekas jerawat