Ketombe atau Psoriasis kulit kepala?


1.     Pada beberapa pasien psoriosis sering ditemui adanya ketombe di kulit kepalanya?apakah benar itu ketombe?
Bukan, itu bukan ketombe, melainkan bagian dari gejala psoriasis di kulit kepala, dikenal dengan psoriasis scalp (kulit kepala).

2.    Kalau bukan ketombe, lalu apa yang terjadi pada pasien psioriosis, mengingat gejalanya sama seperti ketombe?
Psoriasis kulit kepala adalah suatu kondisi yang sangat mengganggu penderitanya. Tingkat keparahan dan mengelupasnya dapat bervariasi dari halus seperti serpihan ketombe biasa hingga bercak seperti plakat yang tebal dengan sisik yang lekat. Psoriasis kulit kepala sering melampaui garis rambut dahi sehingga meluas ke kulit wajah, dan juga  ke kulit belakang telinga.

3.     Lalu apa saja yang membedakan ketombe dengan psoriosis kulit kepala?
Psoriasis kulit kepala dan dermatitis seboroik di kulit kepala (dikenal awam sebagai ketombe) terkadang sulit dibedakan. Keduanya adalah kondisi yang sering ditemukan di  kulit kepala. Selain itu, keduanya memiliki beberapa tanda dan gejala yang sama, seperti gatal, kulit merah, dan bersisik.
Umumnya, sisik psoriasis lebih tebal dan lebih kering dibandingkan sisik dermatitis seboroik. Selain itu, psoriasis biasanya mengenai lebih dari satu area tubuh. Jika terdapat psoriasis di kulit kepala, kemungkinan juga akan ditemukan lesi psoriasis ringan di kulit lain, misalnya lutut, siku, tangan atau kaki atau mungkin melihat perubahan kuku halus berupa bintik-bintik (nail pitts).
Bila dibutuhkan, dermatologis dapat melakukan pemeriksaan (misalnya biopsi kulit) untuk membedakan keduanya dan memastikan diagnosis sebelum memulai pengobatan.
Membedakan psoriasis kulit kepala & ketombe
Psoriasis kulit kepala
Ketombe
Bercak merah pada kulit ditutupi dengan sisik keperakan


Sisik keperakan putih yang mungkin menempel pada batang rambut

Sisik atau kerak tebal di kulit kepala yang dapat berdarah ketika digaruk/dikorek

Bercak dapat melampaui garis rambut

Dapat disertai dengan gejala gatal atau nyeri.
                                                             
Kulit kemerahan & berminyak ditutupi dengan sisik putih atau kuning berminyak
                         
Sisik kuning atau putih yang mungkin menempel pada batang rambut

Sisik atau kerak tebal di kulit kepala yang lebih mudah dihapus/dikorek tanpa berdarah
       
Bercak terbatas dalam garis rambut
                                     
Sangat gatal, umumnya tidak nyeri.
                         
4.    Apa yang membuat pasien psoriosis mengalami "ketombe" tersebut?
Pada psoriasis, sel-sel kulit berproliferasi (berkembang biak) hingga 10 kali lebih cepat daripada kulit normal. Siklus pergantian kulit yang normal umumnya berlangsung sekitar 27-40 hari. Pada psoriasis, siklus ini menjadi jauh lebih cepat, akibatnya terjadi penumpukan sel kulit mati, yang tampak sebagai sisik. Penyebab psoriasis belum diketahui, tetapi penelitian menunjukkan kelainan sel darah putih memicu proliferasi sel kulit dan pengelupasan kulit yang cepat.

5.     Apakah kelainan kulit kepala ini pasti dialami oleh setiap pasien psoriosis?kalau tidak mengapa?
Tidak semua pasien psoriasis memiliki kelainan di kulit kepala. Sekitar 50% dari pasien dengan psoriasis memiliki psoriasis kulit kepala. Tidak diketahui mengapa tidak semua pasien psoriasis memiliki kelainan di kulit kepala, juga apa yang menyebabkan pasien tertentu lebih rentan untuk memiliki psoriasis di kulit kepala dibandingkan pasien lain.  

6.    Apa bahaya dan komplikasi kelainan pada kulit kepala psoriosis ini?
Pengeluapasan dan sisik yang banyak membuat penderita sulit mengenakan pakaian gelap. Banyak penderita merasa sangat  terganggu oleh kondisi yang mereka, dan sering kali merasa rendah diri dan tertekan secara emosional.
Beberapa pasien khawatir bahwa psoriasis kulit kepala akan menyebabkan kebotakan. Walaupun pada beberapa kasus yang jarang menggaruk berlebihan dapat menyebabkan rambut rontok,  untunglah umumnya psoriasis kulit kepala tidak disertai rambut rontok ataupun kebotakan.

7.    Bagaimana mencegah ataupun mengurangi kelainan ini?
Psoriasis kulit kepala tidak dapat dicegah. Yang dapat dilakukan adalah mengobati kelaian yang ada.

8.    Apakah ada perawatan khusus untuk merawat kulit kepala psoriosis ini?
Obat-obatan digunakan untuk mengobati psoriasis kulit kepala memiliki bahan yang sama dengan yang digunakan untuk mengobati psoriasis tubuh, tetapi jenis sediaan yang digunakan berbeda. Krim dan salep berat biasanya terlalu sulit dan lengket untuk diaplikasikan ke kulit kepala, sehingga cairan, busa, shampoo, atau minyak yang sering direkomendasikan.
Perawatan psoriasis kulit kepala merupakan pengobatan kombinasi dan jenis pengobatannya terkadang dirotasi karena pasien dapat menjadi kurang responsif terhadap pengobatan setelah penggunaan berulang atau jangka panjang.
Pengobatan sistemik umumnya tidak digunakan untuk psoriasis kulit kepala,  kecuali psoriasis sedang hingga berat atau sebagai bagian dari pengobatan psoriasis di tempat lain di tubuh.
Untuk psoriasis kulit kepala ringan, produk yang mengandung tar dan asam salisilat cukup efektif. Banyak shampoo yang beredar bebas yang mengandung kedua bahan aktif tersebut. Yang harus diperhatikan, shampoo obat dirancang untuk kulit kepala, bukan rambut.
Untuk psoriasis kulit kepala sedang sampai parah, sebaiknya berobat ke dermatologis untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dan efektif. Dermatologis akan meresepkan obat topikal (salep/krim/shampoo) yang harus digunakan sesuai petunjuk secara teratur. Bila dibutuhkan, dermatologis juga dapat menambahkan obat oral/sistemik.
Kadang-kadang dermatologis menyuntikkan obat kortikosteroid oada lesi kulit kepala. Tindakan ini cocok untuk psoriasis kulit kepala yang melibatkan beberapa area. Suntikan steroid diberikan dalam jumlah terbatas  karena obat dapat diserap ke dalam tubuh.
Untuk kondisi tertentu, dermatologis juga dapat menyarankan untuk dilakukan terapi berbasis sinar ultraviolet, misalnya PUVA (Psoralen-UltravioletA) atau Laser Excimer. Terapi-terapi tersebut perlu dilakukan secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil.

9.    Tips terkait ketombe vs psoriosis?
Gatal sering menjadi masalah bagi mereka dengan psoriasis kulit kepala. Shampoo tar yang dijual bebas dan shampoo yang mengandung mentol bisa membantu mengurangi gatal. Bila gatal sangat mengganggu, umumnya dermatologis meresepkan salep kortikosteroid dan obat antihistamin oral untuk untuk mengurangi gatal-gatal kulit kepala.
Psoriasis kulit kepala sering kali sulit diobati dan membutuhkan ketekunan dan kesabaran pasien. Untuk kasus psoriasis kulit kepala membandel, jangan ragu untuk mendiskusikan berbagai pilihan terapi sistemik dengan dermatologis. Karena psoriasis kulit kepala berat yang dibiarkan tanpa terapi, walaupun tidak berbahaya dan tidak ada risiko komplikasi, dapat sangat mengganggu kepercayaan diri pasien dan hubungan social pasien sehari-hari dengan lingkungannya.

Salam kulit sehat.. 







Komentar

  1. iya, nih
    jika saya mau memotong rambut, saya selalu malu. karena setelah potong rambut pasti terdapat bercak-bercak merah bekas dari ketombe tersebut. dan mau tidak mau saya menggunakan krim seperti kanasten, kalpanak, ultrasilin dan lain-lain. memang sih krim itu membantu. namun hanya beberapa hari saja. setelah itu timbul lagi.
    di tambah lagi jika saya terkena panas ataupun tertawa berat dan menimbulkan keringat, maka rasa gatal di kulit kepala saya mau tidak mau muncul juga. ingin sekali aku mencopot kulit kepala saya pada saat gatal itu tiba. namun apakah mungkin? dan obat apa yang paling manjur untuk menghilangkan ketombe? sudah 4 tahun saya menderitanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Nurman,
      sebaiknya Nurman berobat ke dermatologis terdekat ya.. karena ketombe biasa umumnya tidak ada bercak merah dibawah ketombe.
      Dengan pemeriksaan langsung, maka akan didapat diagnosis yang lebih pasti. Barulah ditentukan bersama pengobatan yang akan dilakukan.
      Demikian, mudah-mudahan membantu ya..
      Salam..

      Hapus
  2. waduuh, saya juga ada semacam itu eh gk tau ketombe atau psi tp saya gk mendahului. cuman sangat gatal misalkan berkeringat apalagi saya hobii makan yg pedes. ini ada di bagian depan jidat saya dekat rambut kadang ada seperti putih2 gtu dan misalkan saya cabut kulitnya seperti kya kasar dan merah pada kulit. duluny hanya bagian sebelah kanan kepala saya saja tetapi skrng menyeluruh. pernah sudah coba pake shampo anti ketombe seperti clear, head n shoulder, selsun, dan sampo anti ketombe lainnya alhasil malah gk ada perubahan. bahkan pernah coba yg herbal seperti jeruk nipis tetap saja gk ada perubahan. dan saya saking putus asanya saya coba pake minyak jaitun di kepala saya sebelum keramas cuman jadinya lembab dan putih2nya gk pada jatuh dan nyamar putih2 sb dng kulit kepala. saya sudah sejak kelas 1 SMA dan sekarang sudah kuliah smt 3.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Riza,
      membaca penjelasan Riza, sebaiknya berobat ke dermatologis terdekat ya.. karena belum membaik dengan shampoo antiketombe yang dijual bebas ya..
      Salam..

      Hapus
  3. Asslm Dokter saya mau tanya,, akhir-akhir ini kulit kepala saya sangat terasa gatal dan itu sangat mengganggu,tapi setelah saya periksa tidak ada bercak kemerahan dikulit kepala, hanya ada kerak-kerak ketombe, lalu saya juga merasakan gatal disekitar leher dan belakang kepala, dan menjadi merah karena saya garuk. Apa itu gejala psioriasis kulit kepala dok? Mohon pencerahannya, terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Clara,
      kalau membaca penjelasannya, kemungkinan besar bukan gejala psoriasis kulit kepala. Kelihatannya ketombe biasa ya..
      Tentunya untuk memastikan diagnosis butuh pemeriksaan langsung.
      Untuk mengurangi ketombe, silakan gunakan dulu shampo antiketombe yang dapat dibeli bebas sesuai anjuran, apabila belum perbaikan, silakan konsultasi ke dermatologis terdekat ya..
      Salam..

      Hapus
  4. ok. Saya mau bertanya, mengenai kulit kepala dan rambut. Beberapa minggu ini rambut saya rontok bnyk baik saat disisir ataupun saat biasa saja. Kalau disisir 1 kali tarikan, bisa 3 sampai 5. Kebetulan saya juga suka sekali menyisir jadi kalau rontok banyak sekali. Selain itu, kalau sedang biasa saja ada aja rambut yang rontok. Saya sudah potong rambut jadi sebahu dan saya sering kuncir atau jepit dan pada malam hari baru d buka saat mau tidur.
    Nah. Pas dibuka yang ada rasa gatal dok. Terus berdarah. Yang sayaa tanyakan, itu kenapa ya dok?apakah berbahaya?
    Saya juga bingung kenapa rambut saya rontok terus , padahal udah d potong pendek dan ganti shampoo. Saya juga terkadang menggunakan serum rudy dok. Apakah ada saran lain yang lebih alami untuk mengurangi rontok dan mempercepat pertumbuhan rambut?
    Mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Theresia,
      Apabila ada gejala gatal hingga berdarah, sebaiknya segera berkonsultasi ke dermatologis terdekat untuk diperiksa langsung ya.
      Secara umum kerontokan mulai dianggap mengkhawatirkan dan perlu diterapi bila jumlah kerontokan lebih dari 50 helai per hari. Kerontokan lebih dari 100 helai sehari sudah membutuhkan terapi khusus.
      Silakan Theresia coba hitung jumlah kerontokan rambut per harinya ya.. Bila memang jumlahnya mengkhawatirkan, jangan tunda untuk berobat ke dermatologis terdekat ya..
      Salam..

      Hapus
  5. saya menderita psoriosis ini selama 5 tahun,jika mau menghilangkannya harus dibotakin dan diberi baby oil biar mudah menghilangkannya,tapi kebesokannya muncul lagi dok,sarannya gimana dok??apakah boleh diberi baby oil??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ghozi,
      Baby oil dapat digunakan. Namun bila lesi psoriasis kepala tebal, sebaiknya berobat ke dermatologis. Dermatologis akan meresepkan salep dan shampoo khusus yang akan membantu mengurangi skuama tebal tanpa harus mencukur rambut dulu.
      Apabila salep & shampoo belum membantu, dapat dilakukan terapi misalnya Excilite untuk menipiskan lesi psoriasis.
      Salam..

      Hapus
  6. Dok anak saya berusia 4th, kulit kepalanya kering sehingga menimbulkan gatal dan apabila digaruk akan berdarah dan mengeluarkan nanah. Itu kenapa ya dok, mohon solusinya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Eka,
      Kulit kepala yang kering memang cenderung lebih mudah gatal. Apabila digaruk maka umumnya akan luka dan berdarah. Bila berlanjut dapat timbul infeksi sekunder oleh bakteri, sehingga tampak nanah.
      Hindari menggaruk kulit kepala berlebihan. Rajin keramas dengan shampoo yang lembut dan tidak mengeringkan kulit kepala. Hindari panas dan berkeringat berlebihan.
      Sebaiknya berobat ke dermatologis terdekat ya.. Umumnya dermatologis akan meresepkan salep khusus untuk gatalnya, dan memberikan kompres dan salep antibiotik untuk luka berdarah & bernanahnya. Bila dipandang perlu, dermatologis dapat meresepkan oral antibiotik untuk mengatasi infeksi sekunder yang terjadi.
      Salam..

      Hapus
  7. Dear dr.Dian

    Saya ada masalah dengan kulit kepala dibagian rambut yg tipis ditumbuhi rambut sering gatal dan ada ketombe tipis sehingga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Idha..
      Maaf pertanyaannya terputus, boleh dikirim lagi yang lengkapnya ya...
      salam...

      Hapus
  8. Dok sya mau tanya....
    Kulit kepala saya juga kalo digaruk kaya ada ketombenya gtu.tapi gk terlalu gatal.. Sya liat2 kya spora2 gtu dok... Setelah digaruk muncul air / getah gtu dok..

    ... Udh di botakin udh di ksih minyak urang aring,baby oil,sampoo selsun...Tapi msih ada aja.Pernah dok sampai bernanah smua gara2 rambut tebal saya garuk2 trs...penyakit apa yh dok itu??? Klo ke dermatologis kira2 biayanya brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Deni,
      kelainan di kulit kepala nya kemungkinan dermatitis sebotoik atau psoriasis. Untuk memastikannya sebaiknya segera berobat ke dermatologis ya. Umumnya dengan konsultasi dan pemeriksaan langsung, dermatologis sudah dapat membuat diagnosis dan memberikan pengobatan yang sesuai. Mudah2an tidak membutuhkan pemeriksaan lanjut yang membutuhkan biaya lebih.
      Demikian, mudah2an jelas ya..
      Salam...

      Hapus
  9. ibu dokter praktek dimana saya daerah serpong tangerang bisa rekomendasi dokyer terdekat makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Asen..
      Jadwal praktek saya dapat dilihat di laman jadwal praktek di blog ini ya..
      Di area serpong tangerang, ada Erha Clinic BSD. Silakan di google untuk alamat lengkap dan dermatologis yang berpraktek di sana ya...
      Salam kulit sehat...

      Hapus
  10. budok, saya mau tanya. apakah penyakit psoriasis ini dapat tumbuh dibagian kulit yg lain seperti di daun telinga dan batang penis? mohon penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Algi,
      Psoriasis dapat tumbuh di semua kulit, termasuk daun telinga dan batang penis, walaupun area tersebut bukan area yang umum.
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  11. Siang dok aq mau tanya kulit kepala memerah lebar dan mengelupas sudah lama sering berdarah juga .. Apa itu gejala gejala skit yg dmaksud solusinya berobat dimana alamatnya ya sya djakarta.mksh dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Siti,
      Kulit kepala yang merah dan mengelupas dapat disebabkan oleh berbagai penyakit, termasuk diantaranya psoriasis dan dermatitis seboroik.
      Untuk memastikannya, sebaiknya berkonsultasi dengan dermatologis terdekat ya..
      Untuk lokasi praktek saya, dapat dilihat di laman jadwal praktek ya..
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  12. Dokter saya mau tanya. Kenapa bercak merah pada kulit kepala saya kadang muncul kadang tidak. Apakah ada cara atau tips untuk menghilangkannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Hengky,
      Sebelumnya tentunya harus dipastikan dulu diagnosis pasti dari brecar merah di kulit kepala Hengky dengan berkonsultasi dengan dermatologis terdekat.
      Setelah mendapatkan diagnosis pasti, treatment dapat dimulai dan setelah terkontrol, dapat menjaganya supaya tidak kambuh dengan tips yang juga sesuai ya...
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  13. Dokter saya mau tanya.. Apa di Erha clinic bisa mengobati psioriasis kulit kepala??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo..
      Ya, di erha clinic bisa mengobati psoriasis kulit kepala. pengobatan dimulai dengan pemakaian obat topikal di rumah (salep, shampoo, dll), dan bisa dibutuhkan, dermatologis akan merujuk untuk tindakan penunjang, misalnya Excilite.
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  14. Saya mempunyai masalah kulit kepala . Bila saya kopek dan garu ketombe tersebut . Dia kelihatan bercak merah dan kadang kadang berair dan mengeluarkan sedikit bau yg busuk . Ketombe itu melekat di kulit kepala . Apa maksudnya doc ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Farah,
      Kemungkinan Farah menderita Scalp Dermatitis Seboroik atau Seboriasis ya.. Untuk memastikannya, silakan berkonsultasi dengan dermatologis terdekat untuk mendapatkan terapi yang sesuai ya..
      Semoga membantu
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  15. Dok, sy berdomisili di kalideres ada jadwal praktik di dekat domisili saya tdk, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Sheselina,
      Waduh, maaf ya, praktek saya hanya di Jakarta Barat karena yang dekat dengan rumah saya :)
      Jadwal lengkapnya silakan cek di laman Jadwal Praktek ya..
      Salam kulit sehat...

      Hapus
  16. Selamat siang dok, sya mau tnya, sya pnya pcar, di kepala pcar sya kya ada ketombe gtu gtu, tp bnyak, ktanya gatel dan kdng kya gumpalan ketombe..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Dani,
      Sebaiknya berobat ke dermatologis terdekat untuk diperiksa langsung dan mendapatkan terapi yang tepat ya..
      Ketombe pada kulit kepala dapat bervariasi dari ketombe (pitiriasis sika) yang ringan, hingga ketombe (dermatitis seboroik) yang lebih berat, hingga seboriasis atau psoriasis scalp.
      Tentunya harus diperiksa langsung untuk mendapatkan diagnosis yang tepat ya..
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  17. Mohon informasinya Bu dokter, saya ada masalah dengan kulit dibagian leher, dileher atas dan samping kiri, ciri2nya kulit leher saya kering, dan seperti bersisik . itu penyakit apa yaa ?? apa dermatitis ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Derian,
      Membaca penjelasannya, kemungkinan ini dermatitis ya.. Dermatitis banyak jenisnya, untuk menentukan jenisnya, sebaiknya dilihat langsung oleh dermatologis ya.. Supaya mendapat terapi yang tepat..
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  18. Dok sy mau tnya d kpla sy muncul ketombe sjk sy pke hijab dri smp smpe skrg kls 3sma , bntuknya itu tebal dok trasa gatal lalu sy cuplik ntah knpa kdg mncul air lengket berbau bkin lengket di rambut , itu mncul klo brpa hari lg sy mau dtg buln dok... trs jga d kuping sy ngebelah dan muncul air lengket berbau gtu, apa itu karna ketombe ya dokk atau gmna ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Nadia,
      Membaca penjelasannya, kemungkinan dermatitis seboroik ya. Dermatitis seboroik memang umum ditemukan di kulit kepala dan di telinga.
      Untuk diagnosis pasti tentunya harus diperiksa langsung ya.
      Sebaiknya segera berobat ke dermatologis terdekat sehingga cepat diterapi ya..
      Salam kulit sehat..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pityriasis Alba, si putih yang mirip panu..

Menghilangkan bercak merah bekas jerawat

Keratosis Pilaris alias kulit ayam